manfaat oyong bagi kesehatan tubuh kita


Orang jawa tengah mengenal sayuran ini dengan nama gambas sedang orang jawa barat mengenal sayuran ini dengan nama oyong. Sedangkan nama latin oyong adalah Luffa Cylindrica. Daging oyong lunak berwarna hijau keputihan. Tanaman oyong merambat dan buahnya mengantung. Sayuran ini bentuknya panjang berwarna hijau, kulitnya membentuk sudut dan kasar.


Sayuran ini enak dimasak bening atau di masak sop. Kalau ada cara masak yang lain mungkin dengan di tumis yah? Maaf soalnya saya bukan ahli memasak jadi kira-kira saja. Apapun bentuk olahan oyong yang penting sayuran ini punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita.



Di Jawa barat sendiri katanya orang yang mau berangkat haji mengkonsumsi biji oyong selama dua minggu sebelum keberangkatan. Apa alasanya? Ternyata setelah mengkonsumsi biji oyong selama dua minggu gula darah mereka turun sehingga mereka lolos cek kesehatan sebagai calon jemaah haji.


oyong, gambas
http://dapurtarakan.blogspot.com


Nah apa benar oyong bisa menurunkan gula darah? Dari beberapa penelitian ternyata oyong mengandung Cucurbitasin. Zat ini terdapat dalam biji oyong yang berfungsi menurunkan kadar gula darah. Zat ini adalah antidiabetes alami. Oyong juga dipercaya bisa mengatasi asma, radang usus, dan meningkatkan ASI.

Berikut adalah kandugan gizi oyong. 100 gram oyong mengandung energy sebesar 18 kilokalori, karbohidrat 4,1 g, protein 0,8 g, lemak 0,2 g, fosfor 33 mg, kalsium 19 mg, zat besi 1 mg, Vit A 380 IU, Vit B1 0,03 mg, dan Vit C 8 mg. Informasi ini bukan hasil yang pasti tergantung kualitas oyong.(Ringkasan berbagai sumber dari website dan blog).

0 Response to "manfaat oyong bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar