manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh kita

siapa yang tak kenal kolang kaling? Buah ini biasanya muncul pada saat bulan puasa. Sebenarnya buah ini adalah buah dari pohon enau. Buah yang satu ini sebenarnya bisa diolah menjadi berbagai sajian yang enak diantaranya dibuat kolak, manisan dan lainya terutama untuk campuran minuman.

Nama latin pohon enau sendiri adalah arenga pinnata . tumbuhan ini ada di dataran Cina sampai asia Tenggara. Sebelum diolah buah kolang kaling tidak bisa dimakan, rasanya bisa bikin gatal. Pengolahan kolang kaling sendiri cukup lama dan melalui beberapa proses. Kita hanya tinggal menikmatinya saja.

 
kolang kaling, buah enau, buah aren
http://blujer.blogspot.com


Apa sih kandungan gizi kolang kaling? Di dalam 100 g kolang kaling terdapat 0,06 g protein, abu 1 g, serat kasar 0,95 g, kadar airnya mencapai 94 persen, karbohidrat 4 g. Di dalam kolang kaling mengandung gelatin yang membuat perut lebih cepat merasa kenyang. Ini bagus bagi anda yang sedang diet sehingga akan menurunkan konsumsi anda karena perut anda terasa kenyang. Kandungan serat alam kolang kaling cukup bagus memperlancar pencernaan.

Pada saat bulan puasa memang cocok mengkonsumsi kolang kaling. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga , makan kolak kolang kaling membuat perut kenyang dan hilang dahaga karena kandungang kolang kaling yang lebih 90 % air membantu tubuh menyerap air dari makanan.

2 Responses to "manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh kita "

  1. saya sering nih mas makan kolang-kaling, ternyata bagus juga untuk diet karena bikin perut menjadi kenyang lebih lama, makasih infonya :)

    BalasHapus
  2. mantap nich kolang kalingnya.
    visit back http://infornas.blogspot.com

    BalasHapus