manfaat sereh bagi kesehatan tubuh kita

Nama latin sereh adalah Andropogon nardus. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu masak, sebagai penyedap masakan daging dan ayam. Aromanya yang harum membuat masakan semakin sedap. Selain dari aroma yang harum ternyata sereh banyak mengandung zat kimia atau nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Batang sereh juga mempunyai khasiat sebagai herbal.



Apa kandugan sereh? Ada banyak, diantaranya sitrat,stronelol,a-penin, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta,p-simen, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol metilheptenon, n-desialdehida,dipenten, metal heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, , beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

sereh


Sereh lebih banyak berfungsi sebagai tanaman herbal. Batang sereh mirip alang-alang. Dengan pengolahan modern, batang sereh menghasilkan minyak sereh. Minyak sereh berfungsi sebagai herbal dan campuran obat-obatan. Lebih sering digunakan sebagai obat gosok.

Secara umum berikut manfaat sereh untuk herbal



1. Sereh bisa digunakan mengurangi rasa nyeri pada wanita haid serta menghilangkan rasa mual.

2. Minyak sereh bisa memperkuat fungsi saraf. Minyak sereh bisa melemaskan otot yang kejang dan menghangatkan.

3. Minyak sereh juga baik untuk mengobati infeksi kulit. Sereh mengandung bahan kimia yang berfungsi sebagai antibiotic.

4. Herbal sereh digunakan sebagai obat anti kanker. Ada zat antioksidan pada sereh yang bisa mencegah kanker dengan tidak merusak sel yang sehat.

5. Sereh bisa digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan, masuk angin, sakit perut, dan diare.

6. Sereh sebagai anti racun.

7. Sereh untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Dengan menknosumsi minuman yang mengandung sereh setiap hari akan membantu menurunkan tekanan darah.

8. Sereh sebagai anti rasa sakit atau analgesic. Dengan kandugan minyak yang bisa melemaskan otot sereh bisa menenangkan saraf.

9. Sereh sebagai anti rematik dengan meminum rebusan sereh bisa juga mengatasi batuk.

10. Sereh bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik. Minyak sereh berfungsi sebagai penyegar kulit.



Demikianlah manfaat sereh secara umum. Oleh karena manfaatnya yang banyak jangan ragu-ragu untuk menkonsumsi sereh baik dalam bentuk minyak maupun sebagai bumbu masak.

0 Response to "manfaat sereh bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar