manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh kita

Sawi hijau adalah sayuran yang berwarna hijau yang mudah didapat, sayuran ini harganya juga tidak mahal serta cara memasaknya gampang. Cukup dengan merebus beberapa menit atau campurkan pada masakan terutama masakan mie. Mau tahu rasanya, anda sebaiknya mencobanya sendiri sehingga anda bisa menikmati rasa kres, kres ketika mengunyah batang dan daun yang berwarna hijau ini.



Sawi hijau nama latinya adalah Brassica rapa var. parachinensis L. Orang kita mengenalnya caisin, bahasa Cinanya Cai xin. Sayuran ini biasanya pas buat makan mie ayam atau masakan mie lainya.
















Cara memasak sayuran ini sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan sedikit panas daun dan batang sawi hijau ini sudah layu, malahan bila terlalu lama kena panas warna hijaunya akan hilang. Rasanya juga enak.






Kita sering mengkonsumsi sayuran ini, tetapi tahukah anda manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita? Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari sayuran hijau ini.




Secara umum sayuran ini bisa


- Mengontrol kolesterol dan mengurangi berat badan karena sayuran ini rendah kalori dan lemak.


- sayuran ini juga bisa mengatasi wasir atau sembelit , juga untuk pencegahan kanker usus. Daun


ini kaya akan serat.
- Daun ini juga dipercaya melawan kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker


ovarium.


- Melawan radikal bebas dan infeksi virus.









danang-a-blogspot.com









apa kandungan sawi hijau? Beberapa nutrisi ada pada sayuran ini diantaranya; antioksidan flavonoid, indoles, lutein dan zeaxanthin sulforaphane, karoten,. Indoles, terutama di-indolyl-metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat adalah menghambat pertumbuhan sel kanker.
Sayuran ini juga banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Namun demikian bagi yang berpenyakit ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsi sayuran ini karena mengandung oksalat. Oksalat bisa menyebabkan kristalisasi.



Bagi kita yang tidak mempunyai penyakit apapun , apa salahnya menambahkan sawi hijau didalam menu masakan kita. Yang paling gampang kalau kita makan mie instan cukup potong-potong dan rebus satu atau dua menit langsung bisa dinikmati dan diambil manfaatnya.

0 Response to "manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar