manfaat buncis bagi kesehatan tubuh kita

Nama latin buncis adalah phaseolus vulgaris . sayuran ini berasal dari Peru. "Boontjes" berasal dari bahasa belanda, dan karena orang Indonesia susah menyebut kata itu akhirnya menjadi”Buncis”. Sayuran ini berwarna hijau dan mudah didapat karena cocok tumbuh di Indonesia. Sayur yang masih berkeluarga dengan kacang-kacangan ini enak untuk dimasak tumis.

Apa sih kandungan gizi buncis? Vitamin C adalah salah satu kanduganya. Beberapa jenis vitamin lain juga terdapat pada sayuran yang satu ini diantaranya vitamin K, A, B1, B2, B3, B6, dan B12. Buncis juga mengandung antioksidan alami. Sayuran ini juga mengandung lutein, beta karotin, dan neoxanthin.

buncis





Nah setelah tahu kandugan gizinya tentu kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi buncis. Buncis juga mengandung banyak serat alam yang membantu pencernaan. Buncis juga sayuran yang rendah kalori bagi anda yang sedang diet sayur ini bisa menjadi menu makan anda.



Para penderita diabetes juga dianjurkan mengkonsumsi sayuran ini. Diabetes merupakan penyakit akibat kurang atau tidak adanya insulin didalam tubuh. Insulin berguna untuk menyimpan karbohidrat, lemak dan protein. Nutrisi yang ada pada buncis yang bisa mencegah diabetes adalah B-sitosterol dan stigmasterol. Dengan bantuan kedua zat ini pankreas akan memproducksi insulin. Kedua zat ini bisa diperoleh hanya dengan mengkonsumsi buncis setiap hari secara teratur agar terasa manfaatnya.



Nah , banyak kan manfaat dari sayuran kacang-kacangan ini. Maka dari itu jangan sungkan-sungkan dan malas malas untuk mengkonsumsi buncis. Banyak kok variasi masakan dari buncis. Untuk lalaban juga enak. Cukup cuci dan siangi buncis kemudian kukus beberapa menit, jangan terlalu lama setelah itu santaplah dengan sambal saat anda makan.

1 Response to "manfaat buncis bagi kesehatan tubuh kita "

  1. nice info gan, semoga jadi inspirasi buat panganan alternatif yang menyehatkan..

    BalasHapus