manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh kita

Daun ubi jalar bagi sebagian kita hanya pakan ternak saja. Akan tetap daun ini bisa dimasak dan dikonsumsi seperti sayuran yang lain. Texturnya yang lembek membuat cara memasak daun ubi jalar tidak boleh terlalu lama. Kalau anda mau coba , silahkan cari di dekat anda siapa yang menanam ubi jalar dan mintalah daunya. daun ubi jalar yang nama jawanya  lung ini.

Kita mungkin jarang memakan daun ubi jalar, kita seringnya memakan ubinya itu sendiri. Apakah bisa daun ubi jalar dimakan? Jawabnya tentu bisa, bahkan ternyata daun ubi jalar banyak kandungan gizinya. Ubi jalar mudah tumbuh dipekarangan jadi untuk mendapatkan daun ubi jalar itu mudah. Sehingga setelah tahu kita bisa mengambil manfaat dari daun ubi itu.

daun ubi jalar
denblangkon.blogspot.com


Daun ubi jalar juga bisa meningkatkan trombosit. Ini bagus bagi orang yang terkena demam berdarah. Penggunaan ubi jalar untuk meningkatkan trombosit apabila trombosit belum terlalu ngedrop. Berikut adalah kandungan daun ubi jalar yaitu, kalsium, besi, karoten, vitamin C, Vitamin E, vitamin K, Vitamin B , betakaroten dan protein. Daun ini juga mengandung antosianin dan polifenol serta asam fenolik. ( dicaffeoilqynat, dicaffeoilquinat, mokodaffeoilquinat,dan kaffeat. Kandungan polifenol serta antosianin berfungsi sebagai zat anti kanker.

Saya masih ingat waktu kecil ayah saya mengobati penyakit bisul dengan daun ubi jalar. Bagaimana caranya? Pertama , ambil satu genggam daun ubi jalar segar, tumbuk hingga halus daun tersebut kemudian tempelkan pada bisul yang sedang mengeras. Tidak berapa lama bisul akan menjadi lembek serta otot-otot serta kulit sekitar bisul menjadi lemas serta bisul tidak menimbulkan rasa sakit yang parah karena ketegangan otot dan kulit.

Demikian pengalaman sekilas manfaat daun ubi jalar. Daun ini juga enak dimasak bening , rasanya klenyer-klenyer terlalu lembek. Jadi kalau memasak daun ini jangan terlalu lama. Waktu saya masih kecil sih tidak suka makan daun ini tapi gimana lagi , ibu saya memasak daun ini ya harus makan. Nah anda mau coba daun ini? Agar menu makan anda lebih bervariasi hidangkan untuk keluarga anda makanan sehat ini.

Makanan sehat tidak harus mahal. Daun ubi jalar sebenarnya banyak pada petani ubi namun umumnya mereka menggunakan daun ini hanya sebagai pakan ternak atau dibuat kompos. Yakinlah bahwa setiap dedaunan yang bisa dimakan mempunyai khasiat dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh kita. 

1 Response to "manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh kita "