manfaat rebung bagi kesehatan tubuh kita

Rebung atau bung adalah tunas bambu muda. Dalam bahasa inggris disebut bamboo shoot. Nama latin bamboo sendiri adalah Monocotyle doneae. Bentuknya kerucut dibungkus dengan rambut atau serabut halus orang jawa bilang lugut. Jika terkena lugut ini badan bisa gatal-gatal. Tidak semua jenis rebung enak dimakan. Rebung dari bambu apus atau pring tali tidak enak. Rebung yang paling enak berasal dari bambu petung, bambu yang besar.

Seorang peneliti dari Nutrifood research center Amelinda Angela menemukan fakta bahwa satu cangkir irisan rebung mengandung 14 kalori dan spertiga lemak, dengan kandungan serat 1,3 gram. Serat alam yang tinggi ini sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, jantung koroner dan kolesterol tinggi.
  

rebung, bung
profilekuliner.wordpress.com

Rebung juga banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Yaitu, kaliumm kalsium, seng, kromium, mangan dan zat besi. Kandungan kalium rebung 1,5 kali lebih banyak dari pada pisang. Kalium berfungsi menjaga tekanan darah, menggerakan otot, dan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh. Kekurangan mineral ini bisa mengakibatkan nyeri otot dan sendi. Rebung juga mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Didalam makanan ini juga terdapat 17 asam amino protein. Oleh karena itu rebung juga berfungsi sebagai antioksidan terhadap radikal bebas.

Bagaimana cara mengolah rebung agar semua kandugan gizinya tidak hilang? Ini penting, karena sebagian masyarakat memasak rebung dengan cara di rebus dulu sampai hilang baunya baru dimasak. Dengan cara ini kandugan gizi rebung sudah berkurang walaupun tidak sampai hilang sama sekali. Di cina orang memasak rebung dengan di tumis namun masih ada rasa pahit biasanya. Ini adalah tantangan tersendiri bagi ahli kuliner untuk mengolah rebung dengan rasa yang enak tanpa menghilangkan sebagian besar nutrisi yang ada pada rebung.

Tahukah anda masakan apa yang paling terkenal yang menggunakan bahan dasar rebung? Lumpia semarang adalah masakan yang berbahan dasar rebung. Ada juga oseng-oseng khas Probolinggo, dan sayur ketupat Bojonegoro. Namun yang kedua tersebut belum begitu popular seperti lumpia semarang.

0 Response to "manfaat rebung bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar