manfaat genjer bagi kesehatan tubuh kita


Hati-hati makan sayuran ini nanti ditangkap polisi. Begitulah genjer, banyak orang sempat tidak berani memakan sayuran ini. Sayuran ini ada hubunganya dengan PKI di Indonesia. Maksud saya sayuran ini bukan sayuran PKI tetapi ada lagu yang dilarang oleh pemerintah orla /orba yaitu lagu “genjer-genjer”.

Nama latin genjer adalah Limnocharis flava. Di daerah jawa tengah biasa disebut jalaran atau enthongan. Tanaman ini tumbuh subur di sawah-sawah atau di rawa-rawa. Biasanya tumbuh di sela-sela tanaman padi. Daunya bulat dan batangnya berongga.

genjer, jalaran
zisaja.blogspot.com





Sayuran yang hampir terlupakan ini ternyata mempunyai banyak kandungan gizi. Berikut kandugan gizi 100 gram genjer. Enenrgi 39 kkal, karbohidrat 7,7 gram, zat besi 2,1 mg, fosfor 33 gram, kalsium 62 mg, protein 1,7 gram. Selain itu genjer mengandung flavonoida dan polifenol. Flavonoida berfungsi sebagai antibiotic dan polifenol sebagai antioksidan atau anti kanker. Genjer juga mengandung serat alam yang tinggi, kandungan seratnya bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Cara pengolahan genjer sangat mudah. Hampir sama dengan tanaman yang hidup dirawa-rawa seperti kangkung dan selada air. Genjer enak ditumis dan dimasak dengan belut bakar dengan santan. Genjer juga bisa dijadikan lalapan. Sayuran ini memang jarang ditemui di pasar. Kalau ada cobalah sayuran ini mungkin anda akan ketagihan setelah mencobanya. Pengalaman saya waktu kecil suka mengambil sayuran ini di sawah ketika saya memancing belut. Bukanya dapet belut tapi malah dapat genjer.

0 Response to "manfaat genjer bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar