manfaat pare bagi kesehatan tubuh kita

buah pare
rumahzakat.org
Rasanya yang pahit tidak membuat orang tidak suka dengan jenis buah sayur ini. Pare enak sekali kalau kita makan pada campuran siomai. Apa nama latin buah pare? Nama latinya adalah Momordica charantia. Dalam bahasa inggris pare disebut bitter gourd sedang kita lebih mengenal pare atau paria.

Buahnya loncong warnanya hijau. Ada yang hijau tua dan ada yang hijau muda. Rasanya pahit dan kulitnya berlipat-lipat. Sayuran ini mudah didapat. Pohonya tumbuh menjalar. Tumbuhan pare berasal dari suku cucurbitaceae.

Kalau bicara masalah kandungan gizi pare, cukup banyak yah. Pare mengandung zat besi, Kalsium, phosphor , vitamin A, C, serta serat alam. Buah ini juga mengandung fitokimia seperti flavonoid, saponin, polifenol, glikosida cucurbitacin, momordicin, asam trichosanat, dan charatin.

Apa manfaat pare buat tubuh kita? Berikut khasiat buah yang pahit ini bagi kesehatan.



1. Pare sebagai penurun gula darah

Kandungan charntine , sejenis senyawa insulin dan alkaloids yang mampu menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi pare bagus untuk penderita diabetes.


2. Pare sebagai obat meningkatkan nafsu makan.

Asam trichosanat dan momordicin berfungsi meningkatkan pencernaan di lambung. Bagi yang merasa nafsu makanya turun cobalah mengkonsumsi pare.

3. Pare sebagai obat untuk membersihkan darah

Mengkonsumsi jus pare bisa mengobati gatal –gatal akibat darah kotor. Tapi yah rasanya memang pahit kalau di jus.

4. Pare bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah pare juga mengandung senyawa momocharin yang bisa menghambat perkembangan virus HIV. Dengang mengkonsumsi extract pare kekebalan tubuh akan meningkat.

5. Pare bisa mencegah sel kanker. Kandungan senyawa pada pare bisa mencegah berkembangya sel kanker dengan cara menghentikan supply energy ke sel kanker sehingga sel kanker kekurangan supply energy.

0 Response to "manfaat pare bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar