manfaat melinjo bagi kesehatan tubuh kita

Melinjo banyak terdapat di Asia tenggara. Buahnya yang matang berwarna merah ,bijinya keras. Selain buah melinjo daun melinjo juga bisa dimasak. Orang jawa menyebut daun melinjo dengan nama “so”.

Nama latin melinjo adalan Gnetum gnemon Linn. Melinjo diduga tanaman asli Indonesia. Pohonya tinggi dan buahnya banyak. Orang jawa bilang buah melinjo muda dengan nama “uceng”. Buah melinjo, uceng dan so biasanya dimasak sayur asem atau lodeh. Di negeri kita sering juga kita jumpai emping melinjo yang merupakan produk olahan yang paling popular.   

melinjo
http://atikofianti.files.wordpress.com



Apa kandungan gizi melinjo? Buah melinjo mengandung protein, vitamin C. Kandungan gizi melinjo sangat baik sebagai antioksidan. Di Jepang melinjo telah diolah menjadi tepung untuk bahan baku makanan olahan. Di Jepang telah diteliti bahwa melinjo mengandung stilbenoid (dilakukan oleh Yuji Tukonaga, Universitas Fukui Jepang). Stilbenoid berfungsi sebagai anti radikal bebas serta antimikroba. Melinjo juga mengandung Vitamin B1,B2,B3,B5, dan B6. Ada juga kalsium, besi, kalium, fosfor, Magnesium, seng, tembaga, mangan dan senyawa lain seperti triptofan, metonin, fenilalanin, sistein, Isoleusin, Lisin dan Leusin.

Bagi anda yang mempunyai keluhan asam urat melinjo mungkin kurang cocok untuk anda karena mengandung purin yang berfungsi sebagai pemicu Hiperurisemia atau keadaan asam urat yang meningkat pada darah. Semakin tinggi kadar purin semakin tinggi asam urat dalam darah.

0 Response to "manfaat melinjo bagi kesehatan tubuh kita"

Posting Komentar