manfaat kol untuk kesehatan tubuh kita

Kol atau kubis termasuk sayuran yang mudah di jumpai di pasar-pasar. Sayur ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kol nama latinya adalah Brassica oleracea. Warnya putih dan tumbuh subur didataran tinggi.








Kol adalah tanaman bias hidup di daeran tropis dan subtropics. Ada kurang lebih 400 jenis kol. Ada yang berbentuk kerucut dan ada pula yang berwarna ungu, hijau, putih dan merah. Kebanykan kol yang kita jumpai adalah jenis bulat putih atau hijau.


Kubis merupakan sayuran ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan di supermarket dan memberikan nilai gizi yang sangat besar. Sayuran ini bisa dimakan mentah atau dimasak, tetapi sering ditambahkan ke sup atau rebusan.


Kol bisa dimasak dalam berbagai olahan. Sepertu sup, juga campuran lalaban. Ada banyak kandugan gizi didalam kol diantaranya, vitamin A,C, dan K. semua vitamin tersebut adalah jenis antioksidan alami yang berfungsi melawan radikal bebas. Kol juga mengandung serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk pencernaan.




Manfaat kol untuk mencegah kanker


Kol mengandung lupeol, sinirigin, diindolylmethane(DIM), indole-3-carbinol(I3C) dan sulforaphane. I3C dan sulfoaphane bisa melawan pertumbuhan tumor. Wanita di china banyak mengkonsumsi tanaman yang masih satu family dengan kol yaitu broccoli,kembang kol, dan kubis Brussel untuk mengurangi resiko kanker payudara.

Manfaat kol untuk menjaga kesehatan lambung


Penyakit radang perut sering dialami tetapi dengan kol bisa diatasi. Kandugan glutamine yang tinggi dalam kol yang bisa mengobati tukak lambung.

Manfaat lain kol bagi kesehatan tubuh


glutamine yang ada pada kol bisa mengobati peradangan apa saja. Kol juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.


Kandungan beta-karoten bisa mencegah katarak. melindungi terhadap usia terkait degenerasi macular dan mencegah katarak. Jumlah kalori yang sedikit juga bagus buat anda yang sedang diet. Vitamin K dan anthocyanin mencegah penyakit Alzheimer.

0 Response to "manfaat kol untuk kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar