manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh kita


Daun kemangi biasa dikenal sebagai sayuran lalapan. Baunya yang menyengat banyak orang yang tidak suka dengan daun ini. Daun kemangi mempunyai aroma yang khas apalagi setelah dikunyah. Ternyata aroma itulah yang bisa menghilangkan bau mulut dan bisa membuat keringat tidak berbau.







Daun kemangi sering dimakan dengan sambal, apalagi dimakan dengan paduan ayam atau ikan bakar. Menu ini akan menggugah selera bagi pecinta lalapan terutama daun kemangi. Kemangi termasuk keluarga Ocimum americanum dan ocinum basilicum atau jenis selasih. Aroma wangi kemangi berasal dari senyawa sitrat yang terdapat pada daun dan bunga.


Kandungan senyawa kemangi sangat beragam dari astiri, sitrat, anetol, flavonoid, boron, stigmasterol, eugenol, betakaroten, magnesium, dan juga mengandung triptofan. Kemangi juga banyak mengandunf vitamin A. Ada juga kalsium, dan fosfor di dalam daun kemangi.


Apa manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh kita?


Kemangi mengandung kalsium dan fosfor. Mineral –mineral ini membantu pertumbuhan tulang. Bagi orang tua asupan kalsium yang cukup akan mencegah osteoporosis. Kandungan flavonoidnya bisa melawan radikal bebas yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang membahayakan tubuh.


Astenol dan boron yang ada pada kemangi bisa merangsang kinerja hormone estrogen dan endogen. Magnesium adalah mineral yang bisa melancarkan aliran darah. Betakaroten kemangi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk para pria kemangi mengandung zat eugenol and apigenin fenkhona. Kedua zat ini berfungsi meningkatkan vitalitas pria.


Nah ternyata daun yang satu ini banyak sekali mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk menayantap daun ini pada lalapan menu makan kita. Daun kemangi juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis ikan apabila anda suka memasak ikan dengan cara di pepes ataupun dimasak dengan santan. Tambahkan daun kemangi pada masakan ikan anda sehingga aroma masakan menjadi sedap dan tidak berbau amis.

2 Responses to "manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh kita "