apa nama latin kenikir

Mau menu makanan yang sehat dan segar. Coba saja anda makan pecel. Orang jawa tengah menyebutnya pecel atau lotek. Di dalam pecel terdapat berbagai macam sayuran segar sperti kangkung, wortel, timun, bayam, tauge, kol dan yang tak kalah enak untuk dibuat pecel adalah kenikir. Kenikir adalah sayuran yang bisa dimakan mentah maupun dimakan setelah dikukus atau di rebus. Orang jawa tengah menyebut kenikir dengan nama suring.
  



kenikir, suring, marigold
http://budidayatanamanobat.blogspot.com


Suring atau kenikir mempunyai daun runcing. Tanaman ini mudah tumbuh di pekarangan. Kalau anda menabur biji kenikir setelah beberapa hari akan tumbuh biji kenikir ini dengan liar. Kenikir termasuk jenis tanaman perdu. Asal tanaman ini sebenarnya dari Amerika.



Nama latin kenikir adalah Cosmos caudatus. Kenikir popular di Indonesia. Kita juga bisa menjumpainya di pasar- pasar sayuran. Walaupun tidak sepopuler bayam kenikir merupakan tanaman sayur yang mudah didapat.



Daun kenikir mengandung beberapa senyawa antioksidan diantaraya saponin, flavonoida polifenol, dan minyak astiri. Di dalam akar terdapat hidroksieugenol dan koniferil alkohol. Kenikir mempunyai aroma yang khas. Selain antioksidan diatas, daun kenikir juga memiliki protein, lemak, karbohidrat , kalsium dan vitamin A.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari kenikir diantarnya;

Kenikir bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, memperkuat tulang, menurunkan panas tubuh, memperbaiki aliran darah, dan mencegah penuaan atau anti aging. Kandungan antioksidan kenikir cukup tinggi. Antioksidan kenikir berfungsi sebagai pencegah penyakit kanker. Konon antioksidan kenikir lebih tinggi disbanding antioksidan biasa seperti tokoferol.

Mau coba sayuran yang satu ini. Aroma yang khas akan menambah gurih menu makan anda. Makan anda akan menjadi lebih lahap karena kenikir sendiri bisa menambah nafsu makan. Menu sayuran yang menggunakan daun kenikir diantaranya pecel atau lotek, urap dan trancam. Semua jenis kuliner nusantara yang ini adalah jenis masakan yang menggunakan bahan dasar daun dan sayuran segar.

0 Response to "apa nama latin kenikir "

Posting Komentar