manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita

buah nangka
Nama latin buah nangka adalah (Artocarpus heterophyllus). Mau tahu apa manfaat buah nangka muda bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak manfaatnya. Orang jawa bilang sayur nangka adalah jangan gori. Kadang orang menyeplekan sayur nangka karena seolah olah tidak ada nilai gizinya.



Ternyata buah nangka mengandung banyak zat kimia yang baik. Contohnya , albuminoid dan karbohidrat sebagai obat batuk ( Heyne. K,1987). Extrak daun nangka juga mengandung efek hipoglikemi( Chandrika, 2006). Bjinya juga mengnadung tepung yang bisa dijadikan campuran makanan.



Di Jogjakarta buah nangka menjadi makanan yang mendunia yaitu Gudeg. Orang yang pernah ke Jogja pastilah pernah mencoba masakan yang rasanya manis ini. Buah nangka mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Juga mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai buah lainnya.



Kandungan Gizi buah nanka adalah sebagai berikut, 100 gram buah nangka memiliki 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat dan 1,2 gram protein. Tapi jangan salah kalau memakan buah ini berlebihan bisa sering kentut karena menimbulkan banyak gas.

Kandungan gizi pada buah memberikan manfaata kesehatan sebagai berikut.

Vitamin C yang ada memberikan efek kekebalan tubuh atau sebagai antioksidan. Kandungan kalium bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Fitonutrien seperti lignin,isoflavon dan saponin sebagai zat anti kanker. Vitamin A –nya sebagai antioksidan. Kandungan Fruktosa dan sukrosa sebagai gula alami untuk meningkatkan stamina tubuh. Pada buah nangka juga terdapat zat besi, mangan, vit b6. Niasin, asam folat yang semuanya tentu bernmanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

0 Response to "manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar