manfaat daun talas bagi kesehatan tubuh kita

daun talas
http://akardanumbi.blogspot.com
Ketika masih kecil saya teringat , saya dan teman-teman saya mencari rumput untuk ternak kami. Setiap anak membawa sabit dan kantong untuk membawa rumput. Kegiatan mencari rumput kami lakukan seperti sedang bermain. kami senang sekali sepulang sekolah segera makan siang dan mengambil alat sabit rumput dan bergegas menjemput kawan-kawan. apa sih yang membuat kami senang. Kami bisa memetik apa yang kami suka ketika memotong rumput. Namanya anak-anak kadang -kadang potong -potong pohon dan petik  buah punya orang. Namun banyak orang tua tidak memarahi kami, karena kami mengambil buah hanya sekedarnya dan kami makan bukan kami jual. Suatu kali tangan saya tergores sabit dan berdarah, langsung saja teman saya mengupas kulit batang daun talas dan membalut luka saya denganya. Entah benar atau tidak secara medis yang jelas lukanya menjadi kering dan darah menjadi berhenti. Memang sih lukanya tidak terlalu lebar. Itulah sekelumit pengalaman saya tentang pohon dan daun talas.

Ingatkah anda akan sebuah pepatah bagai air didaun talas. Tentu pepatah ini mudah kita pahami dan memang begitulah sifat daun talas yang tidak basah jika terkena air, sehingga air akan berpindah kesana kemari seperti orang yang tidak punya pendirian. Mari kita lihat sejenak ada apa dengan daun talas. Saya tidak akan bicara tentang pepatah tadi tetapi sedikit tentang kandunga gizi dan manfaat daun talas bagi kesehatan tubuh kita.

Daun talas biasanya dimasak buntil. Rasanya gurih dan lembut. Daun batang talas atu orang jawa bilang lompong juga enak dimasak dengan santan. Hanya sedikit orang yang suka memasak dan memanfaatkan daun ini padahal kalau mereka tahu ada banyak kandugan gizi pada daun dan batang talas.



Talas nama latinya adalah Colocasia esculentia Schott. Namanya bagus yah? Kaya nama orang. Daunya berwarna hijau dan lebar. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah yang lembab. Ada banyak jenis talas. Tetapi mari kita lihat manfaatnya secara umum.

Daun talas mengandung polifenol. Tangkai daun mengandung saponin. Kulit tangkai bisa digunakan untuk membalut luka. Daun talas juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Ada juga beberapa vitamin pada daun ini yaitu vitamin A, B1, dan C.

Manfaat lain talas bagi kesehatan

Bubur akar rimpang talas secara traditional digunakan sebagai obat encok. Pelepah dan daunya juga dipercaya bisa untuk obat gatal-gatal. Umbi dan daunya bisa digunakan mengatasi radang kelenjar limpa ringan. Talas secara umum biasa digunakan juga untuk mengobati tukak alat pencernaan, asma, dan ganguan bronchial. see make money online free    children games

1 Response to "manfaat daun talas bagi kesehatan tubuh kita "

  1. daun talas berguna bagi keshatan?? baru tahu saya... makasih infonya bermanfaat mas bro

    BalasHapus